Model Referensi pada Protocol TCP/IP


Dalam komunikasi antara dua atau lebih network device diperlukan sebuah standar yang saling dimengerti antara satu dengan yang lain, layaknya sebuah bahasa bagi manusia agar dapat berkomunikasi dengan baik antara satu dengan yang lain, layaknya sebuah bahasa bagi manusia agar dapat berkomunikasi dengan baik antara satu dengan yang lai. TCP/IP sebenarnya mengacu pada sekumpulan set protocol yang terdiri dari dun protokol utama yaitu Transmision Control Protokol dan Internet Protokol. Model TCP/IP mengikuti model konsep empat layer yang dikenal sebagai Departemen of Defense/DoD, dengan tujuan membangun jaringan yang dapat bertahan pada segala kondisi. Berikut kita akan membahas tentang Model Referensi pada Protocol TCP/IP.
1. Aplication Layer
Aplication layer berfungsi untuk menangani high-level protocol, masalah representasi data, proses encoding, dan dialog control yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar aplikasi jaringan. Aplication layer berisi spesifikasi Protocol-Protocol khusus yang menangani aplikasi umum diantaranya adalah :
    •  HyperText Transfer Protokol (HTTP) yang merupakan protocol yang dipakai untuk mayoritas komunikasi Word Wide Web.
    •  File Transfer Protocol (FTP) merupakan suatu layanan internet yang    mentransfer file-file dari satu komputer ke komputer lain.
    • Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) merupakan suatu protocol yang digunakan server mail untuk mentransfer e-mail.
    • Telnet merupakan suatu protocol yang menyamai terminal yang dapat digunakan untuk me-logon ke host jaringan yang jauh
    • Domain Name System (DNS) merupakan protocol dan layanan pada suatu jaringan TCP/IP yang membolehkanpara pemakai jaringan untuk mempergunakan nama-nama hierarkiyang sudah dikenal ketika meletakkan host ketimbang harus mengingat dan memakai alamat IP-nya.
    • Simple Network Management Protocol (SNMP) memungkinkan untuk mengelola node jaraingtan seperti server, workstation,router, bridge, dan hub dari host sentral.

2. Transport Layer
Transport layer menyediakan layanan pengiriman dari sumber data menuju ke tujuan data dengan cara membuat logical connection antara keduanya. Layer ini bertugas untuk memecah data dan membangun kembali data yang diterima dari aplication layer kedalam aliran data yang sama antara sumber dan pengirim data. Transport layer ini terdiri dua Protocol yaitu TCP dan UDP. Protocol TCP memiliki orientasi terhadap relibialitas data. Sedangkan protocol UDP lebih berorientasi kepada kecepatan pengiriman data.
3. Internet Layer
Internet layer memiliki tugas untuk memilih rute terbaik yang akan dilewati oleh sebuah paket data dalam sebuah jaringan. Selai itu, layer ini juga bertuga untuk melakukan packet switching untuk mendukung tugas utama tersebut. Internet layer terdiri dari:
    • Internet Protocol (IP) mengalamatkan dan meroute pake-paket.
    • Internet Control Message Protocol (ICMP) mengirimkan pesan-pesan kesalahan ke IP ketika terjadi masalah.
    • Address Resolution Protocol (ARP) menentukan alamat hardware pada host.
    • Reverse Address Resolution Protocol (RARP) menyediakan resolusi alamat kebalikan pada host yang menerima.
    • Internet Group Management Protocol (IGMP) menginformasikan router tentang ketersediaan anggota-anggota pada grup multicast.

4. Network Acces Layer
Network Acces Layer bertugas untuk mengatur semua hal-hal yang diperlukan sebuah IP packet agar dapat dikirimkan melalui sebuah medium fisik jaringan. Termasuk didalanya detil tegnology LAN dan WAN. Contoh protocol pada layer ini adalah standar protocol modern PPP dan SLIP, termasuk juga driver perangkat keras yang diperlukan untuk mengenali sebuah perngkat jaringan.

4 Responses to "Model Referensi pada Protocol TCP/IP"

  1. Alhamdulillah nambah ilmu setelah baca artikel bagus ini
    Makasih ilmu nya gan

    ReplyDelete
  2. Mantab min. Nambah Pengetahuan dunia jaringan nih. hehehe. thanks min

    ReplyDelete
  3. akirnya gan nemu heheh makasi gan

    ReplyDelete
  4. Maksih gan kebetulan saya kurang faham menganai ini.. Dengan baca artikl ini saya sdkt tahu..

    ReplyDelete