Mencari Jejak Sang Virus Secara Manual

           

    Mendengar kata virus adalah sebuah kata yang mampu membuat merinding para pengguna komputer (USER). Virus adalah sebuah program yang di buat khusus oleh pengguna komputer yang tidak bertanggung jawab yang tujuannya bermacam-macam ada yang bertujuan untuk mendapat informasi tertentu dari targetnya ada juga hanya untuk sekedar iseng-iseng.




Oleh karena itu para programmer komputer menciptakan berbagai macam jenis anti virus seperti Smadav, Baidu, AVG, Avira dll. Tapi menggunakan software anti virus-pun dapat membuat kinerja komputer sedikit berkurang karena penggunaan Ram yang terbilang tinggi apa-lagi kalau anti virus tersebut di pasang pada saat proses start-up.Maka proses start-up akan menjadi lemoot. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah “tidak menggunakannya” Berikut saya akan sedikit berbagi artikel tentang mencari jejak sang virus secara manual atau tanpa menggunakan software anti virus.


   1.    Hal pertama menurut saya yang perlu dilakukan untuk mencari jejak virus adalah melihat prosesnya yang berjalan pada task manager. Untuk masuk di Task manager tekan tombol kombinasi pada keyboard Ctrl + Alt + Delete dan pilih tab Processes tutup aplikasi yang mencurigakan dengan cara klik pada aplikasi tersebut lalu pilih End --> process End process





   2.    Salah satu incaran oleh virus adalah system registry cara untuk masuk di system registry tekan tombol kombinasi kapa keyboard windows + R lalu ketikkan regedit-->Enter pilih YES maka akan terbuka windows system registry. Biasanya system registry yang pertama di serang Virus adalah HKCU, HKLM, dan HKCC. Untuk memeriksanya klik arah panah samping pada HKCU-->software-->Microsoft-->Windows-->CurrentVersion-->Run. Maka akan muncul beberapa system registry, Disinilah ketelitian kita harus bekerja. Hapus beberapa registry yang menurut kita mencurigakan. Dan lakukan hal yang sama pada HKLM dan HKCC



   3.  Cara terbaik yang saya lakukan untuk mengamankan system registry dari virus adalah melakukan back-up system registry  pada saat selesai menginstal O/S windows pada komputer agar ketika system registry  ter-infeksi virus kita dapat mengembalikan system registry dari hasil back-up tadi.



  4.     Menampilkan file yang ter-hidden menggunakan CMD. Caranya tekan tombol kombinasi pada keyboard windows + R ketik CMD lalu tekan Enter-->YES maka akan muncul jendela CMD masuk direktori  partisi yang akan di scan dengan cara ketik misalnya G: lalu tekan Enter masukkan perintah  attrib –s  -h –r  *.* /s /d  tekan enter tunggu hingga process scan selesai.Biasanya setelah layar berkedi. Setelah proses scan selesai buka partisi yang telah di scan tadi dan lihat hasilnya  semua file yang ter-hidden ( tersembunyi ) akan muncul.



Sekian postingan dari saya. Postingan selanjutnya akan segera menyusul

0 Response to "Mencari Jejak Sang Virus Secara Manual"

Post a Comment