Cara Menambahkan Full Repository Pada Kali Linux



Malam yang sepi nan dinginnya udarah Mamasa memberikan jutaan inspirasi buat artikel kali ini yakni cara menambahkan full repository untuk Kali Linux. Sebenarnya udah lama saya pengen buat artikel tentang judul di atas namun selama percobaan, baru kemarin saya sukses buat nambah full repository di kali linux punya saya. Kan malu kalau artikelnya udah jadi sedangkan saya sendiri belum bisa hehehe. Tapi tenang saja saat mencoba cara ini, permasalahan tentang repository di kali linux saya benar-benar teratasi.

Sebelum kita masuk dalam inti judul, ada baiknya kita akan jelaskan dulu tentang apa yang dimaksud dengan repository, dan jenis makanan apa kah itu. Repository atau sering juga disebut sebagai Repo dalam O/S berbasis open source ini ( Linux), merupakan suatu kumpulan paket-paket dari berbagai macam aplikasi dalam distributi Linux. Repository sangat dibutuhkan untuk dapat menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program dan sebagainya yang dapat kita jumpai dari Server Mirror website. Selain itu, repository juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program di dalam sebuah Sistem Operasi Linux.

Gimana udah ngerti? Kalau sudah paham, kita akan masuk kedalam pembahasan utama yaitu CARA MENAMBAHKAN FULL REPOSITORY KALI LINUX. Pengalaman saya waktu baru selesai menginstal O/S Kali Linux, pesan peringatan “Enable to locate package” selalu muncul. Dan ini disebabkan karena saya belum menambahkan repository dalam Kali Linux yang baru selesai di instal. Kebetulan saya menggunakan Kali Linux versi 2.0. Berikut adalah cara menambahkan full repository pada Kali Linux :
1. Pertama buka terminal console dan ketikkan perintah berikut
"leafpad /etc/apt/source.list" Enter
Setelah itu, akan terbuka leafpad yang akan menampilkan repository standar berikut screenshotnya:


2. Hapus semua isi repository dalam leafpad tersebut, lalu silahkan ganti dengan repository tersebut :
deb http://http.kali.org/kali sana main non-free contrib
deb-src http://http.kali.org/kali sana main non-free contrib


deb http://security.kali.org/kali-security/ sana/updates main contrib non free
deb-src http://security.kali.org/kali-security/ sana/update main contrib non free

3. Setelah itu silahkan di save lalu klik close
4. Update dan upgrade repositorynya dengan cara masuk lagi dalam terminal console lalu ketik
"apt-get updateEnter dan tunggu sampai selesai
5. Setelah proses update telah selesai dan berjalan lancar silahkan upgrade lagi dengan cara ketikkan di teminal console

"apt-get update" Enter lalu tunggu sampai selesai. Kalau muncul pemberitahuan....key Y/y tekan enter saja. Tunggu sampai selesai

5 Responses to "Cara Menambahkan Full Repository Pada Kali Linux"