PENDEKATAN WIN-WIN JURUS JITU MELOBI


         Telah banyak terbukti keberhasilan seorang pengusaha atau politikus tak lepas dari kegiatan melobi. Sebab itu, sebuah perusahaan yang baik atau seorang politikus, tentunya sudah memiliki anggaran untuk melobi. Dalam dunia kerja, menjaga hubungan baik dengan partner bisnis merupakan aspek paling penting untuk mencapai sukses.
         Melobi, menurut beberapa pakar, pada dasarnya merupakan sebuah usaha untuk memengaruhi pihak-pihak yang menjadi saran, agar terbentuk sudut pandang yang positif. Dengan harapan dapat memberikan dampak positif untuk tercapainya sebuah tujuan. Nah berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan sebelum melobi seseorang.
1. Lokasi

Acap kali kita melihat banyak orang duduk-duduk dan berbicara dengan serius, namun santai di lobi-lobi hotel. Namanya juga melobi, kegiatan ini kerap kali dilakukan tidak jauh dari tempat-tempat seperti ini. Namun sebenarnya, tempat untuk melobi tidak ada batasan seperti itu. Yang penting, tenang, enak, dan private.

2. Persiapan

Meski tempat menjadi aspek penting, ada hal lebih utama sebelum anda melobi seseorang, yaitu persiapan. Cobalah anda untuk bersiap diri lebih baik, agar ketika melobi tidak sia-sia. Persiapan ini mulai dari ide, hingga kemungkinan untuk merelealisasikannya. Bahkan anda juga harus  siap dengan jawaban, seandainya ide tersebut di bantai. Pada prinsipnya, aktivitas lobi mengandung dua kegiatan, yaitu kontak dan pengaruh. Dengan demikian, kesuksesan mengimplementasikan lobi dipengaruhi kemampuan kita saat mengejawantahkan kedua elemen tersebut.

3. Kontak

Setiap aktivitas lobi selalu di dahului, disertai, dan di akhiri adanya kontak, baik untuk lobi formal maupun informal. Selanjutnya dalam setiap aktivitas lobi, selalu terkandung tujuan yang sama, yaitu untuk menciptakan pengaruh positif melalui berbagai strategi dan taktik yang diterapkan. Caranya terserah Anda.

4. Joke

Tak ada salahnya, jika sekali anda melontarkan cerita-cerita lucu untuk memberikan warna segar saat pertemuan. Jadikanlah cerita lucu ini sebagai katup pelepas saat pembicaraan menemui jalan buntu.

5. Dana

Ini salah satu aspek yang menunjang berhasilnya lobi anda. Jika ingin mendapat proyek kakap, tak ada salahnya service partner bisnis anda dengan sedikit mewah. Misalnya undanglah makan siang di tempat mewah.

6. Busana

Ketika anda ingin melobi, usahakan untuk tampil sempurna. Meskipun materi pembucaraan sudah anda persiapkan dengan matang penampilan jangan dianggap remeh. Balutilah tubuh anda dengan busana rapi. Apakah itu pertemuan sifatnya formal atau informal, tak ada salahnya untuk tampil dengan kondisi good impression.

Sampai disini dulu artikelnya yang saya ingin tanyakan, sudah siapkah anda untuk melobi seseorang? Selamat mencobah hehehe.

0 Response to "PENDEKATAN WIN-WIN JURUS JITU MELOBI"

Post a Comment