Belajar HTML Struktur Dasar pada HTML


Hyper Text Mark up Language atau yang lebih akrabnya biasa disebut HTML, adalah sebuah bahasa yang dikenali oleh web browser untuk menampilkan informasi dengan lebih menarik dibandingkan dengan tulisan teks biasa (plain text). Sedangkan web browser adalah program komputer yang digunakan untuk membaca HTML, kemudian menerjemahkan dan menampilkan hasilnya secara visual ke layar komputer. Anda dapat menggunakan salah satu program web browser, seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer dan sebagainya.
Karena sebuah bahasa, maka HTML mempunyai aturan dan struktur tertentu untuk menuliskan perintah-perintahnya yang biasa dinamakan dengan TAG HTML.  Aturan tersebut diawali dengan lambang <tag> dan biasanya akan diakhiri dengan lambang </tag>.
Berikut adalah gambaran struktur HTML :

Dari struktur diatas, terlihat bahwa penulisan kode-kode HTML lainnya untuk keperluan isi situs web akan diletakkan pada bagian tag <body>. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa informasi yang berupa kode-kode akan diapit oleh tag lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan buat sebuah file dengan nama belajar.php. Lalu  masukkan script seperti pada gambar diatas. Setelah itu jalankan pada web browser, dan kurang lebih penampakannya akan seperti berikut :

Terlihat jelas pada gambar diatas bahwa tag title adalah tempat untuk mengisi judul dari sebuah web, dan body adalah tempat untuk mengetikkan kode-kode HTML lainnya, juga untuk kode javascript dan sebagainya.
NB: Dalam HTML terdapat juga beberapa tag yang tidak perlu diakhiri/ditutup. Misalnya tag <br>. Tag <br> ini berfungsi untuk mengakhiri suatu baris tulisan, lalu pindah ke baris baru dibawahnya.

17 Responses to "Belajar HTML Struktur Dasar pada HTML"

  1. sepertinya saya memerlukan ini ...hehehhehe

    ReplyDelete
  2. Mantef nih mas Tutornya..hehhe..trims sdh dishare ya.

    ReplyDelete
  3. mantep nih buat saya yang mau belajar html ijin belajar min

    ReplyDelete
  4. Nyimak deh ... Teruskan.. Visit balik yah diberitai.com

    ReplyDelete
  5. done BW, DI TUNGGU KUNJUNGAN BALIK NYA

    ReplyDelete
  6. saya juga beljr ini bung html ,php, dll hehe

    ReplyDelete
  7. ane jg lgi belajar coding html ni sob hehe

    ReplyDelete
  8. kurang lengkap :v

    ReplyDelete
  9. mantap nih gan turornya, ijin praktek ya

    ReplyDelete
  10. wih penjelasannya detil banget ya..
    saya sangat paham sekali apa yang di jelaskan oleh agan :D

    ReplyDelete
  11. waw bs buat belajar ni kang.ijin nyimak kang.

    ReplyDelete