Memahami Algoritma Facebook EdgeRank


Sebagai seorang digital marketer, yang berfokus pada social media marketing yang salah satunya adalah Facebooksebaiknya anda perlu memahami dulu algoritma  facebookEdgeRank dengan baik dan benar. Karena dengan memahami algoritma  EdgaRank pada facebook inimaka anda dapat memperolah hasil yang lebih memuaskandan lebih efektif.
Algoritma facebook EdgeRank yang akan kita bahas dalam artikel inimerupakan  algoritma yang tugasnya bekerja untuk memilih postingan atau status mana yang akan  muncul di Newsfeed masing-masing pengguna facebookAda yang tampil di bagian atastengah, paling bawahdan yang tidak perlu di tampilkan di newsfeed.
Algoritma facebook EdgeRank ini sama pentingnya dengan search marketer atau SEO yang wajib memahami algoritma Google seperti Penguin, PageRangh, Hummingbird dan masihbanyak lagi algoritma lainnya.
Ada tiga bagian utama dari algoritma EdgaRank yaitu Affinity, Weight, dan Time Decay. Berikut adalah penjelasan dari ketiga bagian tersebut:
1.    Affinity
Affinity merupakan sebuah kualitas hubungan atau interaksi antara content creator dan users . facebook menilai interaksi ini menggunakan indikator like, comment, dan share.Jadi disini interaksi user dengan kita mempengaruhi muncul  atau tidaknya postingan kita selanjutnya di newsfeed user. Misalnyadi masa lalu user A pernah memberikankomentar di postingan kita maka EdgaRank akan menilai  userA akan merasa tertarik melihat postingan kita selanjutnya dan  menempatkan  postingan sebagai prioritas untukdimunculkan di News Feed user A.

2.    Weight
Weight merupakan bobot yang diberikan pada setiap interaksi dari postingan.  Misalnya semakin banyak postingan tersebut mendapat like, comment atau shared, makafacebook menilai bahwa postingan tersebut berkualita. Berdasarkan jenisnyapostingan berupa foto dan video merupakan prioritas utama dan teks adalah yang paling bawah.Tapi ini juga berpengaruh pada bobot penilaian. Misalnya postingan  yang berupa teks mendapatkan 40 likes dan 12 comments akan cendrung muncul di Newsfeed dibandingdengan postingan berupa foto dengan engagement nol besar.

3.    Time Decay
Time Decay ini dinilai berdasarkan seberapa tua postingan kitaJadi kesimpulannya  semakin tua postingan kitamaka semakin kecil juga peluang untuk ditampilakan diNewsfeed. Dengan kata lain sebuah postingan mempunyai masa expired untuk  tetap muncul di Newsfeed. Tapi ini juga tentang seberapa sering kamu login ke  facebook.Misalnya semakin sering kamu login ke facebook maka semakin besar  juga peluang untuk postingan kamu tampil lebih lama dari user yang jarang login.

Jadi dengan melihat poin-poin diatas maka bisa disimpulkan hal yang dinilai EdgeRank pada setiap postingan yaitu :

1.    Jejak sejarah interaksi users dengan author
Semakin user engage dengan teman/page, postingan tersebut semakin berpeluang untuk  ditampilkan di Newsfeed.

2.    Interaksi users dengan tipe postingan
Disini kalau user sering engage dengan tipe postingan tertentu misalnya foto  traveling, maka tipe postingan dengan foto traveling selanjutnya akan berpeluang tampil diNewsfeed user yang sebelumnya sudah berinteraksi dengan tipe postingan traveling.

3.    Reaksi users lainya untuk postingan tersebut
Semakin banyak users yang engage postingan tertentumaka postingan tersebut berpeluang tampil di  Newsfeed users tersebut.

4.    Jumlah respon negatif pada postingan
Intinya semakin banyak comment yang mendapat respon negatifmaka semakin kecil juga peluang untuk tampil diNewsfeed.

Sampai saat ini Facebook memang masih terus menjadi salah satu media paling “populer” dan memudahkan untuk menjalankan marketing online. Bagi kita yang inginmemanfaatkan potensi tersebuttentu harus mampu  terus beradaptasi dengan  sistem yang diusung oleh media sosial milik Mark Zunkerberg iniOke sampai disini dulupembahasan kita untuk artikel Memahami  Algoritma Facebook EdgeRank. Semoga artikel ini dapat menambah  pengetahuan sobat khususnya yang pengen belajar lebih dalamtentang social marketing.

0 Response to "Memahami Algoritma Facebook EdgeRank"

Post a Comment