Cara Membuat Bounce Rate Web Blog yang Baik


Bagaimana Cara Membuat Bounce Rate Web Blog yang Baik ?  Mendengar kata bounce rate mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan bloggers profesional. Namun bagi sobat yang baru mengenal dunia Blogger mungkin kata ini cukup terdengar asing. Bounce rate atau biasa disebut tingkat bouncing sebuah web atau blog merupakan tingkat persentase dari pengunjung yang datang ke website kita namun, pengunjung tersebut hanya membaca satu halaman saja dan langsung pergi menutupnya.
Tips untuk membuat nilai bounce rate agan menjadi menurun dan lebih baik adalah dengan membuat pengunjung menjadi lebih betah dan nyaman di web agan sehingga pengunjung tersebut dapat berlama-lama dan terus membaca artikel yang ada di halaman web blog sobat. Berikut kita akan membahas tentang beberapa tips yang bisa anda coba untuk membuat bounce rate web anda menjadi lebih kecil dan menurun :

1. Perhatikan Kecepatan Loading Blog
Di poin pertama Ini merupakan indikator yang harus agan perhatikan, karena jika loading halaman website agan lambat atau berat maka pengunjung akan memakan waktu lama untuk dapat membuka dan malihat isi dari halaman web agan. Dengan begini, pengunjung akan langsung pergi tanpa membaca terlebih dahulu artikel yang agan buat. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi pengunjung dan juga agan.
 Lalu bagaimana tips untuk mempercepa halaman blog?

  • Jangan mengggunakan template yang berukuran berat, biasanya template-template yang yang menggunakan foto slide.
  • Gunakan widge-widge yang sewajarnya. Jangan menggunakan terlalu banyak widge yang tidak perlu .
  • Kurangi jumlah postingan yang tampil di halaman utama atau beranda.
  • Jangan terlalu memasang banyak iklan yang dapat menghalangi si pengunjung.
  • Compress ukuran template blog agan agar lebih ringan.
2. Perhatikan Desain Blog
Untuk yang poin kedua ini, saya rasa tidak kalah penting juga, cobalah  membuat tampilan blog agan menjadi lebih indah dan rapih sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat pengunjung sedang membaca artikel kita. Buatlah desain blog yang sesuai dengan nice blog agan.
Tips mendesain blog
  • Gunakan template yang sesuai dengan nice atau tema blog
  • Kalau bisa, jangan Menggunakan warna background yang terlalu kontras.
  • Susun widget sehingga terlihat lebih rapih dan dapat memudahkan pengunjung melihat artikel-artikel yang lain.
  • Perhatikan iklan-iklan yang dapat menggangu pengunjung saat sedang membaca artikel kita.
3. Buatlah Konten Yang Menarik dan Bermanfaat
Buatlah artikel-artikel yang memang dibutuhkan dan dapat membantu pengunjung dalam menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya. Jangan menipu pengunjung dengan cara membuat artikel yang tidak sesuai dengan. Karena hal ini akan membuat pengunjung merasa tertipu dan menilai blog agan sebagai blog  yang tidak berkualitas.
Tips membuat konten yang menarik
  • Sertakan gambar dalam artikel agar pengunjung dapat tertarik membacanya.
  • Buatlah konten yang segar dan belum pernah ada sebelumnya
  • Buat artikel serapih
  • Buatlah artikel berkualitas SEO.
4. Perhatikan Internal dan Eksternal Link
Internal link merupakan link aktif yang mengarah ke web blog agan, dan ini tentu saja sangat baik karena mesin pencari akan lebih mudah dalam mengenali struktur web bog agan.Cara ini akan sangat berpengaruh dalam menjaga poin-poin backlink yang masuk ke web blog agan agar tidak hilang.
Dan eksternal link merupakan link aktif  yang mengarah ke situs web atau blog milik orang lain. Jika link keluar lebih banyak dari pada link masuk maka kemungkinan besar pengunjung akan meng-klik link yang mengarah ke web blog milik orang yang tentu saja akan merugikan agan sendiri. Saran dari saya perbanyaklah internal link dan kurangilah  eksternal link.
     5. Tampilkan Postingan Terbaik Anda
Dengan menampilkan Postingan terbaik, cara ini berguna agar pembaca bisa mengetahui artikel-artikel terbaik yang dimiliki oleh blog agan. Postingan terbaik bisa berupa postingan terpopuler atau postingan rekomendasi Agan. Saran penempatannya, di sidebar kiri atau kanan atas. Agar dapat dengan mudah dilihat dan dikenali oleh pembaca.
6. Tampilkan Artikel Terkait
Di poin terakhir ini, hampir sama dengan poin yang diatas. Tampilkanlah kepada pengunjung artikel-artikel agan yang terkait atau berhubungan dengan artikel yang pengunjung baca. Buatlah widget artikel terkait menarik di bawah postingan artikel agar pengunjung tertarik membacanya.
Sekian artikel kali ini semoga dapat Bermanfaat.

7 Responses to "Cara Membuat Bounce Rate Web Blog yang Baik"

  1. nice gan kunbal ya http://gamatrik.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. nice gan kunbal ya http://gamatrik.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. sip sip gan makasih infonya tak coba dulu :D

    nitip linknya :D bagi yang ingin bangun rumah ! musti baca dulu ini ya !
    http://top-rumah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. ilmu yang bermanfaat..makasih gan

    ReplyDelete