Tips Ampuh Berhenti Merokok


Yahh setelah beberapa hari ini, saya melakukan sebuah ekspedisi yang bisa dikatakan cukup menantang dalam hidup saya "yakni mencoba untuk berhenti merokok" dan Puju Tuhan dalam waktu yang cukup singkat pun saya berhasil melepaskan diri dari ketergantungan merokok. Ada beberapa alasan kuat yang membuat saya untuk melakukan hal ini, salah satunya adalah setelah kelahiran adik baru saya yang cukup memotivasi untuk melakukan beberapa perubahan dalam hidup. Terlebih lagi kondisi ekonomi yang kurang mendukung maklumlah uang bulanan dari Orang Tua pas-pasan
Saya kefikiran bahwah mungkin lebih berpahala lagi kalau saya mencoba membagikan beberapa tips dan trik yang saya gunakan. Langsung saja kita masuk dalam pembahasannya berikut ini dia beberapa Tips yang mungkin kalian juga bisa coba. Cikedoott

1. Tekad Yang Tinggi


Hal yang paling pertama dan yang paling dibutuhkan ialah “Tekad yang Tinggi” karena seberapa pun sobat membicarakan bahwa saya akan berheti merokok, kalau sobat tidak memiliki tekad yang tinggi untuk berhenti merokok maka sia-sialah sudah. Ingat setiap usaha harus memiliki dorongan yang kuat untuk men-sukseskannya.

2. Bicarakan ke Orang-Orang Terpenting Dalam Hidupmu


Cobalah dengan membicarakan ke orang yang menurutmu paling penting dan berharga dalam kehidupan kamu misalnya gebetan atau pacarlah dan bisa juga orang tua tentunya. Dengan cara ini, setiap kali rasa ingin merokok muncul, kamu akan teringat dengan kata-kata yang pernah diungkapkan sama si dia.... dan secara otomatis ketika kamu ketahuan merokok kamu pasti akan merasa malu dengan kata yang pernah dulu diucapkan.

3. Ganti Walpaper Background Laptop atau Gadget Kamu



Untuk sementara kamu bisa mengganti walpaper background Laptop ataupun Gadget kamu dengan gambar kata yang dapat men-sugesti seperti pada gambar diatas. Cara ini menurut saya cukup ampuh dan berperan penting apalagi buat kalian yang kebanyakan waktunya dihabiskan di depan Laptop atau Gadget.

4. Buatlah Kata-Kata Sugesti Dalam Kamar

Cara ini hampir sama dengan di poin ke tiga diatas, namun bedanya cuman terletak pada posisi penempatannya saja. Dengan menaruh kata-kata sugesti dalam kamar, dijamin setiap kali terbangun dan meelihat kata –kata itu maka keiinginan untuk berhenti merokok akan semakin besar dan peluang untuk berhenti merokok pun akan semakin besar.

5. Selalu Fikirkan Bahaya Merokok


Setiap kali rasa ingin merokok muncul lagi, cobahlah dengan mengambil sebuah keputusan dalam otak dan langsung alihkan fikiran kamu ke bahaya merokok. Cara ini juga akan membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

6. Carilah Kegiatan Yang Dapat Membuat Sibuk


Biasanya rasa ingin merokok muncul setelah kita makan. Cobalah setelah makan, lanjutkan dengan melakukan beberapa kegiatan yang cukup membuatmu sibuk. Misalnya merapikan kamar, nyuci piring, atau cuci pakaian dan lain-lain yang penting itu bisa membuatmu sibuk. Biasanya orang juga langsug tidur, tapi cara ini kurang tepat menurut saya, apalagi buat kalian yang peduli soal kesehatan. Tidur setelah makan-kan ngak cocok buat kesehatan?

7. Hindari Kegiatan Yang Dapat Mengundang Keinginan Merokok


Yang ini juga ngak kalah penting. Cobalah hindari kegatan lama yang biasanya mengundang “keinginan merokok muncul. Misalnya “duduk-duduk dengarin musik sambil minum kopi” yang inikan perfect bangat bro kalau ditemani sebatang rok*k. Yahh udah demi melancarkan usaha kita hindari dulu kegiatan ini. Meskipun ngopi itu bikin hidup serasa di surga, tapi cobalah di minimalisir dulu kegiatan ngopi sore-nya sampai usaha kita berhasil. Setelah itu nikmati kopi sepuasnya tanpa rokok.

Itulah beberapa tips berhenti merokok yang mungkin bisa kalian gunakan.
Terima kasih selamat mencoba.


2 Responses to "Tips Ampuh Berhenti Merokok"

  1. wah ijin praktek gan, siapa tau bisa berhenti rokok, :D

    ReplyDelete
  2. #Membuat kegiatan yang sibuk
    tapi kadang perokok ada yang malah suka merokok sambil melakukan aktivitas, kalau saya sampai bisa berhenti merokok karena poin ke-5. Selalu ingat bahanya Rokok utk Kesehatan.

    ReplyDelete