10 Tokoh Otodidak Sejati yang Telah Mengubah Dunia

   

      Siapa bilang mengubah dunia itu harus sekolah tinggi, harus jenius, harus punya segalanya. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tokoh otodidak sejati yang bisa menjadi pribadi yang sukses dan bermanfaat bagi banyak orang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat tentang dunia yang luas ini. Dan saya jamin sobat akan terkagum-kagum dengan tokoh-tokoh otodidak yang akan kita bahas pada artikel ini.
Langsung saja simak artikel berikut :


1. Bill Gates Pendiri Microsoft tak Lusus Hardvard


Pemakai komputer siapa sihh yang tidak mengenal sosok Bill Gates?? Sang pendiri Microsoft yang sangat fenomenal dan telah menjadi bagian dari keseharian manusia. Sebagian besar sistem operasi komputer saat ini adalah buatan Microsoft. Namun taukah sobat jika Bill Gates, sang pendiri kerajaan Microsoft ini tak lulus kuliah?..

Bill Gates Mengenal komputer pada umur 13 tahun (1968) saat ia sekolah di Lakeside School. Dan dengan cepat ia menguasai program basic. Makin hari ia makin tertarik dengan membuat program hingga akhirnya pada 1976, ia bersama Paul Allen dan teman-teman lainnya mendirikan Microsoft. Yup...kini Bill Gates menjadi legenda komputer dunia dan juga sebagi salah satu orang terkaya yang pernah  ada di muka bumi.

2. Maya Angelou, Punya Segudang Gelar Tapi Tak Lulus Kuliah

Maya Angelou adalah seorang penyair, aktris, pemain drama, produsen film dan juga seorang penulis. Beberapa buku karyanya menjadi best seller di antaranya, I Know Why the Caged Bird Sings. Namun, Maya bukanlah lulusan Universitas ternama, bahkan beliau tidak lulus college-nya. Dan Maya mendapatkan sejumlah gelar Doktor Honoris Causa dari berbagai perguruan tinggi karena kemauan belajarnya yang begitu keras. Luar biasa dan salut untuk Beliau...



 3. Richard Avedon, Mastronya Fotografi

Beliau adalah salah satu fotografer terkenal yang pernah ada di dunia ini. Namanya sudah begitu terkenal. Namun taukah sobat ternyata Beliau juga belajar secara otodidak dan merupakan DO dari Columbia University. Namun ternyata Beliau tidak tamat karena lebih sibuk dengan hobi fotografinya. Ia belajar secara otodidak menggunakan kamera peninggalan ayahnya. Tak lama, ia menjadi seorang fotografer profesional yang menghasilkan banyak karya. Pada tahun 1944, ia sudah menjadi fotografer biro iklan. Namanya makin terkenal setelah ia mejadi fotografer fashion di majalah Harper’s Bazaar.

4.  Carl Bernstein...Jebolan Universitas yang Melengserkan Presiden

Yang satu ini luar biasa sekali, seorang wartawan yang mampu melengserkan presiden AS. Hasil investigasi wartawan Washington post ini sangat mengesankan. Salah satunya adalah berhasil membongkar skandal yang bernama “Watergate”. Skandal yang mampu menghebohkan dunia itu sangat fenomenal hingga mampu melengserkan presiden AS saat itu, Richard Nixon. Banyak penghargaan yang diraih oleh legenda wartawan ini, antara lain: Pulitzer (katanya award paling bergengsi untuk jurnalis). Namun dibalik pencapaian-pencapaiannya itu Berstein sebenarnya tidak sempat menyelesaikan kuliahnya di University Of Maryland. Karier hebatnya ini dia bangun secara otodidak. Sedikit info lainnya kisah hidup Beliau juga pernah di filmkan, yang bercerita tentang keberhasilannya mengungkap skandal Watergate, yang berjudul All President Men. 


5. Ray Bradbury: Belajar dari Membaca 

   Beliau hanya lulusan SMA, namun karyanya sangat fenomenal. Bradbury juga meruoakan sastrawan modern dengan karya fiksi ilmia yang sangat fenomenal. Yakni antara lain: Martian Choronicles, The Illustrated Man, dan Fahrenheit 451.

 Ia dilahirkan oleh seorang ibu imigran Swedia dan ayanya seorang tukang listrik dan telepon. Sejak kecil, Ray suka pergi dan tentunya membaca di perpustakaan. Namun karena faktor ekonomi, ia tidak bisa melanjutkan sekolahnya setelah lulus SMA saat itu beliau adalah pedagang koran. Usai mengantar koran, Beliau selalu ke perpustakaan untuk membaca. Statement Ray yang paling mengharuhkan ialah “Perpustakaanlah yang mengangkat saya”. Saat ini Beliau menjadi salah satu sastrawan AS terkenal dengan sejuta penghargaan, salah satunya National Medal of Art yang diberikan pada tahun 2004 oleh Presiden George Bursh.


6. Lawrence Ellison, Pendiri Oracle Juga Dropp Out University


Siapa sangkah bahwa Lawrence Ellison, sang pendiri perusahaan software terbesar kedua di dunia adalah seorang drop out dari college. Sama halnya dengan pengusaha TI terkenal lainnya, Beliau juag drop out tepatnya pada tahun kedua kuliahnya. Do dari universitas ia berkariaer di bidang ahli data system. Tahun 1977 ia mendirikan oracle karena terinspirasi dari sebuah paper karya Edgar F. Codd yang berjudul “Relation Model of Data for Large Shared Data Banks.” Hingga kini, Lawrence adalah salah satu pengusaha TI papan atas dunia.


 7. Michael Dell


       Penggemar komputer mana yang tidak kenal Michael Dell. Dalam jajaran pengusaha komputer papan atas namanya juga tak bisa dipisahkan. Michael Dell adalah adalah seorang pemilik perusahaan komputer yang bernama Dell. Ya diambil dari namanya Michael Dell. Sama halnya dengan perusahaan TI terkenal lainnya, Dell juga seorang yang drop out dari collage setelah hanya kuliah selama satu tahun. Ia kuliah hanya untuk menjadi seorang penjual komputer. Namun siapa sangka meskipun ia hanya penjual komputer namun mampu mendirikan perusahaan Dell Company yang menjadi salah satu perusahaan komputer tersukses yang pernah ada di AS. Dan satu hal yang tidak bisa dipisahkan adalah bahwa Dell belajar komputer secara otodidak.


8. Walt Disney


       Penggemar Disney mana yang tidak kenal dengan Walt Disney. Dunia sudah sangat mengenal siapa tokoh yang satu ini. Tapi, masih banyak juga yang belum tau pendidikan dari pria Disney ini. Walt Disney ternyata tak tamat SMA. Sejak kecil, ia sudah menunjukkan bakat menggambarnya, bahkan ia sudah bisa menjual sketsa gambarnya ke tetangga. Walt tak tamat SMA karena ia memilih di Palang Merah dengan mencatut umur pada perang dunia I, Walt tau bagaimana meningkatkan skill menggambarny. Ia kerja disiang hari dan kursus di malam hari. Dari hobinya itu, Walt bercita-cita menjadi seorang kartunis. Tapi tak mudah, ia juga sempat dipecat dari tempatnya bekerja. Namun yang menarik adalah kemampuannya dalam belajar dari kesalahan.


9. Woody Allen


       Penggemar Hollywood pasti kenal tokoh yang satu ini. Banyak profesi yang telah dijalaninya, aktor, sutradara, penulis, pelawak, karikaturis, dan masih banyak lagi.

Masa kecil Woody kurang bahagia dan tidak berbeda dengan anak lainnya. Namun ia adalah anak yang periang dan pandai membuat lelucon, bahkan ketika masih sekolah ia pernah menjual leluconnya kepada seseorang yang kemudian menjualnya ke sejumlah penulis kolom. Woody kuliah di jurusan film, namun tak betah. Ia masuk lagi ke perguruan tinggi lain, namun juga gagal karena tak serius. Akhirnya ia pun berkarier di dunia entertainer di Hollywood. Profesi yang dijalani oleh Woody sudah sangat banyak. Selain pintar main sulap, humoris, karikaturis, pelawak, penulis skenario, aktor, sitradara dan juga produser. Namun yang harus diketahui bahwa semuanya dipelajari secara otodidak.


10. Ray Kroc


       Siapa yang tidak tau restoran cepat saji Mc Donald’s?? Bicara soal McD....saya punya cerita singkat mengenai Ray Kroc.

Ray Kroc adalah salah satu tokoh sukses dunia yang belajar secara otodidak dan dilakukan pada usia yang sudah tidak muda. Ketika usianya masih muda, Ray mencatut umur agar bisa ikut dalam perang dunia II sehingga ia mengorbankan sekolahnya. Setelah perang usai, ia kembali dan bekerja sebagi salesman cangkir kertas. Berkat profesinya itu, ia bisa keliling negeri. Suatu saat ia menyadari bahwa pelanggannya adalah para pemilik restoran di California, salah satu Mc Donald’s. Ray melakukan pendekatan kepada Mc Donald’s supaya ia bisa mendirikan cabang Mc Donald’s. Meskipun usianya sudah mencapai 52 tahun. Ia tetap belajar bagaimana mengelola restoran agar unik dan laku. Akhirnya setelah ia sukses dengan restorannya, ia berhasil merayu Mc Donald’s  merambah dunia dengan sistefranchise.

4 Responses to "10 Tokoh Otodidak Sejati yang Telah Mengubah Dunia"

  1. tidak semuanya yang berkehidupan mulus akan berakhir sukses. sukses itu butuh perjuangan dan itu pasti tidak mudah, ane suka banget tuh sama bill gates sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  2. Bill Gates yang paling berperan penting gan :D gak bikin Microsoft ya gak akan jadi teknologi seperti ini :D

    ReplyDelete