Inilah Beberapa Penyebab Skripsi atau Laporan Tidak Selesai


Sebagai seorang mahasiswa kita pasti tidak bisa menghindari yang namanya skripsi atau laporan. Yap untuk bisa menyudahi proses perkuliahan kita harus bisa melewati tahap ini. Dan sebagai seorang mahasiswa saya juga merasakan betapa sulitnya menyelesaikan yang namanya laporan. Apalagi di bumbui dengan berbagai aturan. Namun harus kita sadari pula bahwa mengikuti perkuliahan adalah sebuah kewajiban yang harus kita lakukan. Memang sih di kalangan umum dikatakan kewajiban adalah membayar uang semester dan mengikuti perkuliahan adalah hak. Tapi menurut saya, cobalah jadikan perkuliahan itu sebagai kewajiban. 
Berikut saya posting tentang berapa alasan mengapa skripsi atau laporan tidak selesai :

1. Sering Menunda-nunda Waktu

Sebagai seorang manusia biasa kita pasti tidak bisa menghindari gejala yang satu ini. menunda-nunda waktu adalah sifat dasar manusia yang harus kita hindari. Tapi ingat segala hal jika dikerjakan secara serius maka akan berakhir dengan cepat. Dan biasanya itu berhasil. Hampir semua hal yang saya lakukan dengan metode ini biasanya berakhir baik.

Cara penyelesaiannya : jangan menunda-nunda waktu

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Waktu adalah salah satu hal yang tidak bisa kita beli di dunia ini. ketika saya berfikir tentang ini saya sadar bahwa memang ada hal yang kalau dikerjakan serius bisa berakhir cepat, akan tetapi ada pula hal yang dalam pengerjaannya butuh proses untuk selesai. tapi harus kita berfikir juga kapan selesainya kalau tidak dikerjakan?? jadi mulai sekarang janganlah menunda waktu lagi karena waktu tidak akan pernah menunggu mu. kalau bisa sekarang kenapa harus menunggu nanti ?..

2. Malas Dalam Mengerjakan

Saya akui ini adalah salah satu hal terbesar yang harus kita hindari jika ingin mengerjakan laporan. Malas juga termasuk sifat terburuk manusia yang harus dibasmi sedini mungkin sebelum sifat malas tersebut menjadi suatu kebiasaan. Malas memiliki dua sisi, yaitu ada baiknya dan ada buruknya. Sifat baiknya malas adalah ketika dilakukan oleh orang-orang yang sukses. Malas bagi mereka adalah hal yang harus dilakukan karena malas-malasan adalah salah satu bentuk usaha mereka dalam menikmati hasil jerih payah mereka selama ini. sedangkan sisi buruknya adalah terdapat pada orang yang dalam kehidupannya terlalu sering menjalankannya. 

Jika terlalu sering bermalas-malasan maka kita akan terbiasa dan jika sudah terbiasa maka yakin dan percaya segala hal yang menjadi cita-cita kita tidak akan tercapai. Dan saya rasa itulah hukum alam yang berlaku. Barang siapa yang bekerja keras dan pantang menyerah maka dia akan sukses nantinya dan barang siapa yang malas dan sering menunda waktunya maka dia tidak akan menjadi siapa-siapa.

Cara Mengatasinya : Buatlah Tulisan Sugesti Dalam Kamar dan ingatlah orang yang telah berkorban untuk anda
      salah satu tips menurut pengalaman saya adalah buatlah tulisan-tulisan di dalam kamar yang dapat meng-sugesti/ mendorong untuk belajar contohnya dalam bahasa sehari-hari saya "kerjako tugasmu kau mi itu tidak ada apa-apa mu tau' malas lagi Mau ko jadi apa" yakin dan percaya ketika rasa malas anda datang lalu berbaring di tempat tidur yang diatas palpon tertulis kata-kata itu maka anda pasti akan merasa tersinggung atau sejenisnya yang dapat mendorong untuk belajar ataupun mengerjakan laoporan.
     Tips yang kedua ketika sedang dilanda rasa malas dalam mengerjakan laporan, saya biasa langsung merenungi orang tua saya yang telah susah paya memberikan biaya untuk saya kuliah. Saya melihat beliau yang sudah memasuki umur kepala 5 dan masih saja memaksakan dirinya untuk bekerja. kadang saya suka sedih dan malu terhadap saya sendiri. dan biasanya di mulut saya terucap kalimat ini “Ya Tuhan orang tua saya bekerja keras hanya untuk membiayai kuliah saya sedangkan saya masih belum menjadi siapa-siapa, anak macam apa saya ini”. ketika saya berfikir tentang hal ini akhirnya saya sadar bahwa orang tua saya saja yang sudah memiliki umur kepala 5 masih mau berkorban untuk mencari uang untuk kuliah saya, masa saya dalam mengerjakan laporan saja malas. Anak macam apa saya ini.

3. Terlalu Sibuk Dengan Organisasi

 Dalam dunia kampus kita pasti sering mendengar yang namanya organisasi.Sehingga bahkan ada sebagian mahasiswa yang sama sekali tidak mengikuti perkuliahan gara-gara terlalu sibuk di dunia organisasi. Sebagai mahasiswa kita juga harus mengikuti yang namanya organisasi karena dalam organisasi tersimpan banyak ilmu sosial yang seharusnya kita miliki. Ingat adil itu tidak harus  tapi menurut saya jangan sampai terlalu jauh larut di dalamnya sampai-sampai kuliah di abaikan. Cobalah berfikir betapa banyak tanggung jawab dan cita-cita yang harus anda kejar.Pintar-pintar lah dalam membagi waktu ingat adil itu tidak harus 50:50.

Cara penyelesainnya : disiplin dalam membagi waktu

Disiplin adalah salah satu hal yang paling sulit kita terapkan jika ingin menggapai kesuksesan. Akan tetapi semua orang-orang sukses pasti selalu disiplin dalam kehidupan mereka, baik itu dalam berbagai hal, apalagi terhadap waktu. bahkan setau saya orang – orang diluar negeri memiliki moto seperti ini “Time Is Money”, waktu adalah uang. Sehingga saya berfikir bahwa wajar mereka bisa sukses jika menerapkan motto seperti itu dalam hidup mereka. Jadi jika anda memang termasuk orang-orang yang sibuk dan tidak punya waktu yang tepat untuk mengerjakan skripsi atau laporan, maka sebaiknya tidak salah jika saya menyarankan untuk anda membuat time skedule. Time skedule berfungsi untuk mengatur waktu anda agar bisa terbagi dengan baik dan seimbang. Akan tetapi dalam penerapannya tetap membutuhkan disiplin tingkat tinggi.

Itulah tadi beberapa hal yang menyebabkan laporan atau skripsi tidak selesai dan cara penyelesaiannya versi saya. Semuanya tetap pada diri anda masing-masing mau menanggapinya bagaimana. Terserah anda mau menyimpulkan saya ini orangnya bagaimana. Saya hanya menyampaikan apa yang menurut saya baik. karena siapa tau tulisan saya ini bisa membantu anda. Siapa yang tau kan ?...

0 Response to "Inilah Beberapa Penyebab Skripsi atau Laporan Tidak Selesai"

Post a Comment