Pengertian dan Jenis-Jenis Domain Name




       Pagi yang penuh dengan inspirasi baru, serta mata yang masih tetap setia bertahan sampai pagi dan siap untuk artikel sesuai judul di atas yaitu “Pengertian Domain Name” dalam kalangan Web Desainer, istilah Domain Name sudah sangat asing di telinga. Namun, buat agan-agan yang baru memulai dunia website mungkin masih belum pahan dengan istilah ini. Tetapi untuk mempersiapkan senjata memasuki dunia website sobat mesti harus paham betul dengan yang namanya Domain Name. Kali ini kita akan ulas tentang “Pengertian Domain Name”.

       Pada dasarnya, memiliki situs Web sangatlah simple. Kita hanya perlu menyediakan Domain Name, Webhosting dan Content. Agar situs Web bisa dilihat oleh para pengunjung dari seluruh pengguna internet, maka Content atau isi dari situs kita harus di tempatkan dalam suatu server dengan Public IP Address sehingga situs kita bisa di akses kapanpun dan dimanapun. Bingung yah Apa itu IP Address??.

       Baiklah kita akan bahas mengenai IP address dulu. IP Address merupakan beberapa deretan angka yang mewakili pengalamatan suatu komputer di dalam sebuah jaringan, fungsinya agar komputer-komputer tersebut bisa saling berhubungan. Terdapat dua macam IP Address yaitu:

1.       Public IP Address

Sesuai dengan namanya, Public IP Address merupakan IP Adress yang bersifat publik dan bisa di akses oleh semua komputer dalam jaringan . Contoh 202.155.0.15

2.       Private IP Address

Sedangkan Private IP Address adalah IP Address yang biasanya digunakan untuk jaringan lokal di perusahaan, sekolah, kampus, kantor, dll. Contoh 192.168.1.4

Yang menjadi masalahnya disini, kebanyakan pengguna internet mungkin akan mengalami kesulitan ketika harus mengingat IP Address untuk berbagai macam situs di seluruh dunia. Contohnya, bayangkan ketika ingin mengakses postingan ini, mana yang agan lebih mudah untuk mengingatnya 76.208.245.47 atau tegnonesia.com?? Saya yakin agan pasti lebih mudah mengingat tegnonesia.com. Dan tegnonesia.com inilah yang disebut dengan Domain Name. Saat agan mengakses tegnonesia.com, maka browser yang agan gunakan akan menerjemahkannya menjadi 76.208.245.47 (dengan bantuan DNS Server). Jadi kesimpulannya DNS server adalah alamat situs kita.

Ada bermacam-macam Domain Name, mulai dari Global Top Level Domain (gTLD) seperti .com, .net, .org.info, hingga yang spesifik untuk negara Indonesia (ccTLD-Country Code Top Level Domain) misalnya .co.id, .net.id, .or.id, dll.

Contoh Domain Name untuk Global Top Level Domain:

1.       .com untuk perusahaan

2.       .net untuk Internet Service Provider (ISP)

3.       .org untuk organisasi

4.       .info untuk informasi

5.       .biz untuk bisnis

Dan untuk Domain Name ccTLD spesifik Indonesia yaitu:

1.       .co.id untuk perusahaan

2.       .net.id untuk Internet Sevice Provider (ISP)

3.       Ac.id untuk adkademik/universitas

4.       .go.id untuk pemerintahan

5.       .or.id untuk organisasi

6.       .web.id untuk individu/pribadi

Untuk bisa memiliki Domain Name, agan harus mendaftarkannya di Domain Registrar atau layanan penyedia Domain Name dengan biaya yang harus agan bayar setiap tahun. Contoh layanan penyedia Domain Name yang saya gunakan adalah www.webhostmu.com .

                Itulah penjelasan mengenai “Pengertian Domain Name” satu pesan saya untuk agan yang tertarik untuk membuat Domain Name, sebaiknya gunakanlah Domain Name dengan karekter yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat.

10 Responses to "Pengertian dan Jenis-Jenis Domain Name"

  1. wah.. lengkap bgt infonya. tengkyu

    ReplyDelete
  2. beratri kalo web biasa ga boleh pake com gan?

    ReplyDelete
  3. infonya keen nih ane suka. saran ane gan kalau bisa artikelnya di panjangin lagi biar bisa terindeks google dengan mudah hehehe

    ReplyDelete
  4. wahhh.... artikelnya keren gan ! mantap lah !
    cuma mau dpat domain yg free itu susah ya gan... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang gn di webhostmu juga menyediakan domain free

      Delete