TEKNIK PEMPROGRAMAN OOP DALAM PHP


                  Pemprograman beriorentasi (OOP) merupaka paradigma pemprograman yang mengangganp semua benda adalah objek, bahkan variabel-pun dianggap sebagai objek. Teknik pemprograman OOP bisa disebut juga sebagai teknik pemprograman modern.
Sebelum memasuki pembahasan lebih, lanjut, kita akan mengulas tentang objek dan class :
1.       Objek merupakan kumpulan variabel dan fungsi yang saling beraitan

2.       Class merupakan suatu rancangan dari objek itu sendiri. Jadi satu class dapat berisi banyak objek. Intinya kita cukup buat satu class saja untuk satu proses. Sebagai contoh namanya class produck maka objek-objek atau fungsi-fungsi yang terkandung di dalmnya pasti berkaitan dengan class product tersebut, misalnya fungsi untuk tambah produk (add), edit, View, ataupun Delete.
Contoh lain yang lebih mudah dipahami dari perbedaan antara class dan objek. Analogikanya sebagai berikut :
Class itu  bersifat umum, misalnya bola maka objek yang terkandung dalam class tersebut bersifat khusus, misalnya bolaBasket, bilaSepak, bola Voli, dan sebagainya.
Cara kerja dari pemprograman OOP ini tidak lain adalah pemanggilan suatu objek dalam satu class. Sebagai contoh seseorang pengembang membuat suatu fungsi untuk kemudian dikelompokkan menjadi kode-kode yang berkaitan menjadi suatu objek. Objek yang telah dibuat itu memiliki fungsi tersendiri dan dapat digunakan untuk memanggil objek lain yang bersangkutan.
Teknik pemprograman tersebut memiliki keungulan yag sangat mencolok, yaitu mudah untu dikembangkan. Yang dimaksud adalah sebagai berikut :
Ketika web mengalai pengembangan atu katakanlah ada seorang klient yang datang menghampiri anda dengan tujuan ingin menambahkan sebuah fitur baru kedalam web miliknya. Untuk web yang dibuat dengan teknik pemprograman OOP, kita tidak perlu membongkar skrip yang telah jadi, cukup menambahkan sebuah fungsi baru untuk kemudian dipanggil melalui objek yang berkaitan. Berbeda jika web tidak dibuat menggunakan teknik OOP, dijamin kode akan dirombak karena teknik tanpa OOP tidak teratur sehingga pondasi web dan fungsi kodenya campur aduk.
Selain itu teknik pemprograman OOP menawarkan beberapa keuntungan, di antaranya yaitu :
1.       Re-usability
Artinya kemampuan untuk dapat membentuk banyak objek dengan hanya menggunakan satu class dan dapt digunakan kembali jika dibutuhkan.
2.       Maintanability
Artinya teknik OOP mempunyai kemampuan lebih mudah dikelola karena pengembang bisa langsung fokus terhadap permasalahan yang ada tanpa merusak fungsi lain. Biasanya keuntungan ini akan terasa jika web merupakan aplikasi dalam skala yang besar.
3.       Extensibility
Artinya kemempuannya dapat diperluas, setiap objek dapat ditambahkan kemampuannya tanpa merusak objek lainnya.

Sampai disini dulu artikelnya semoga dapat menambah pengetahuan sobat.
Terima kasih telah berkunjung...

16 Responses to "TEKNIK PEMPROGRAMAN OOP DALAM PHP"

  1. wah keuntunganny juga banyak yah makasih infonya

    ReplyDelete
  2. thanks gan infonya :D

    ReplyDelete
  3. sangat membantu gan :)
    thanks infonya :)

    ReplyDelete
  4. Thanks infonya gan jadi lebih tau banyak soal OOP ...

    ReplyDelete
  5. thanks gan infonya membantu ane nih

    ReplyDelete
  6. sangat membantu, keep sharing gan :)

    ReplyDelete
  7. makasih gan infonya tapi masih bingung

    ReplyDelete
  8. banyak sekali teknik programan oop dalam php serta keuntungannya banyak

    ReplyDelete
  9. OOP sering digunakan dalam pembuatan aplikasi besar, dimana ketika penambahan fitur terbaru fungsi encapsulation atau pembungkusan dalam class ini sangat berperan penting. Keuntungan lain adalah maintenance ketika ada bug yang bercokol dalam coding ataupun maintenance jenis lain. Dengan mudah terkontrol. Dan menghasilkan coding yang lebih efisien. Contoh nyata OOP yaitu button. Turunan button seperti bit button, push button dan lain-lain. Dimana button-button tersebut sebenarnya adalah bentuk lain dari button induk yang telah di berikan fitur-fitur tambahan.

    ReplyDelete
  10. kalau saya senidiri lebih suka menggunakan php dibandingkan dengan java(jsp). dengan alasan jsp lebih ribet, banyak proses-prose yang saya tidak mengerti dari jsp. dan selam ini menggunakan php tak ada kendala masih lancar-lancar saja. php juga bila di pandukan dengan dreamweaver tambah kena OOP nya ....

    ReplyDelete
  11. wah ane baru tau nih tentang ini. thanks yah gan sudah share

    ReplyDelete
  12. OOP itu biasanya php framework ya gan ? Hehe
    follow blog ane gan ekosutris.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. ty sob infonya :D ilmu ane bertambah nih hehehe

    ReplyDelete